Minggu, 11 Oktober 2009

Toshiba Luncurkan Komputer Berstandar HD-DVD

Perusahaan Toshiba Jepang meluncurkan teknologi terbaru mereka berupa perangkat komputer yang bisa membaca piringan generasi terbaru, HD-DVD.
Toshiba dan Sony memimpin persaingan dalam industri ini, mereka sudah melakukan riset selama 3 tahun untuk menciptakan standar teknologi yang bisa diadopsi untuk membaca format DVD generasi mutakhir tersebut. Teknologi komputer keluaran Toshiba ini memiliki kapasitas lebih besar, terutama dalam hal menyimpan sekaligus menyajikan tampilan gambar video dengan kualitas yang sangat tajam.
Sebelumnya Toshiba bersama perusahaan NEC dan Sanyo Electri sudah terlebih dahulu mempromosikan produk HD DVD yang mereka ciptakan. Sementara perusahaan Sony dan Matsushita Electric Industrial, pemegang lisensi merek produk Panasonic, baru saja mengembangkan teknologi yang dikenal dengan nama Blu-ray.

Pada 26 September lalu perusahaan Intel dan Microsoft sudah menyatakan kesediaannya untuk memberikan dukungan penuh dalam hal pengembangan produk HD-DVD tersebut. Sebuah standar baru memang sangat dibutuhkan, sama seperti ketika orang-orang mulai menggunakan perangkat televisi dengan format berkualitas tinggi, maka mereka pun tidak akan melewatkan teknologi video dengan kapabilitas serupa.
Pihak Toshiba mengatakan bahwa produk komputer berteknologi HD-DVD tersebut akan dirilis di Jepang pada awal 2007 mendatang. Mereka juga masih mempertimbangkan waktu yang tepat untuk merilis produk tersebut bagi pasar Amerika, Eropa, dan Asia.
Adapun perangkat pembaca HD-DVD yang dipasangkan pada komputer keluaran Toshiba tersebut akan diproduksi oleh Toshiba Samsung Storage Technology, usaha gabungan antara Toshiba sebagai raksasa elektronik terbesar kedua di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar